Semakin Pudar Warna Jeans, Semakin Banyak Limbahnya, Semakin banyak Yang Beli!!!

Posted by fee_kyu on Tuesday, May 18, 2010

Tren zaman ini, celana jeans yang tidak pudar warnanya pasti tidak laku. hal ini memang kemauan dari pelanggan jeans sendiri. Kalau anda ingin tahu sebenarnya semakin terlihat pudar atau semakin terlihat tua, maka dibutuhkan bahan kimia yang sangat banyak pula. memang celana jeans yang warnanya pudar terlihat lebih trend dan modern, namun dengan semakin banyaknya jeans yang dibuat bisa menambah kerusakan lingkungan. 
Dalam pembuatan celana jeans yang terlihat tua dan warnanya yang pudar, semakin menembah limbah yang dihasilkan. sebenarnya pembuatan jeans seperti ini yaitu:
  1. Jeans tersebut diamplas
  2. Jeans diberikan potassium permanganate agar terlihat warnyanya jadi pudar
  3. Setelah kelihatan pudar, jeans tersebut dicuci dengan softener
  4. Setelah itu jeans siap dipasarkan.

Salah satu kota di Meksiko yaitu Tehuacan, memiliki 700 perusahaan laundry dengan pekerja sebanyak 35.000 orang. Jika tiap hari pabrik tersebut beroperasi, maka secara tidak langsung, limbah yang dihasilkan akan bertambah secara akumulatif. Akibat dari limbah tersebut, banyak petani yang gagal panen karena libah tersebut telah bercampur dengan irigasi pertanian. Untuk saat ini saya tidak tahu apa di Indonesia memang ada pabrik yang membuatnya, karena yang saya tahu, kebanyakan kain jeans banyak yang diimpor. tapi celana jeans memang memiliki kelebihan sendiri dibandingkan dari celana jeans yang lainnya. tapi apakah penggunaan celana jeans ini harus dicarikan solusi alternatifnya.

{ 2 comments... read them below or add one }

rickyeka said...

pik blogku anyar saiki
kunjungi yoh?
rodok berantakan masian
males coding e aku
hehehehe

BaNi MusTajaB said...

Dalam urusan limbah, kita memang harus selalu peduli. Agar tidak ada pihak lain yang dikorbankan..

Post a Comment